Jl. Jambu Raya No. 12A Kel. Sumurboto Kec. Banyumanik Kota Semarang ziswap.org@gmail.com Hubungi Kami (024) 7466232

PROPOSAL PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN ZISWaf Masjid Pelajar (ZISWAP)

LATAR BELAKANG

ZISWAF MASJID PELAJAR (ZISWAP) berdiri pada Tanggal 7 Agustus 2015 berdasarkan Akta Notaris No 6 Tahun 2015 Rika Budi Antawati, SH., M.Kn. NPWP: 73.621.668.0517.000 SK. MENKUMHAM No. AHU-0010722.AH.01.04 Tahun 2015. ZISWAP didirikan sebagai upaya memberikan sumbangsih dan karya nyata demi kemajuan dan kesejahteraan Bangsa Indonesia.

ZISWAP berkeyakinan bahwa Bangsa Indonesia mampu keluar dari berbagai masalah dan tampil menjadi bangsa yang luhur, maju, berbudaya dan bermartabat. Dengan dasar itulah, ZISWAP mengkonsentrasikan kegiatannya pada peningkatan sumber daya manusia melalui program-programnya dan atau segala macam hal yang memiliki nilai atau pendidikan baik ekonomi, sosial dan lainnya.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan ziswap meliputi bidang kemanusiaan, sosial dan keagamaan. ZISWAP aktif melakukan kegiatan-kegiatan yang berorientasi pendidikan untuk meningkatkan kwalitas SDM, serta bidang sosial untuk bersama-sama meningkatkan kesejahteraan ummat khususnya anak yatim dan kaum dhuafa melalui program-program sosial dan pendidikan, seperti kegiatan Santunan Yatim dan Dhuafa, Pemberdayaan Dhuafa, Yatim Mandiri, Rumah Tahfizh, Rumah Dhuafa, Majlis Ta’lim, Orang Tua Asuh, LBB, Layanan Transportasi Kemaslahatan Ummat, Baitul Maal ZISWAP, Rumah Sehat Holistik, Pembanguanan Sekolah dan Masjid,  bakti sosial  dan pengobatan gratis dan kegiatan lainnya yang melibatkan banyak partisipan menjadi donatur.

Hari Idul Adha merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia.

Hari raya ini di sebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang mampu dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih hewan qurban.

“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”

(QS. Al Hajj : 34)

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)

Dari dua surat di atas, secara langsung Allah SWT memberikan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai umat-Nya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezeki yang Allah berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang mampu (dhuafa).

Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada umat Nabi Muhammad SAW adalah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim AS. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail AS yang kemudian Allah gantikan dengan seekor Gibas adalah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT. Oleh karena itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.

Amalan yang paling dicintai Allah pada hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan qurban. Sebagaimana disabdakan oleh Rasullah SAW :

“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Allah dari bani Adam ketika hari raya Iedul Adha selain menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada

hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)

“Barang siapa yang memiliki kelapangan (kecukupan harta) tetapi ia tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat Kami” (HR Hakim dari Abu Hurairah) 

 

TEMA KEGIATAN

“Qurban Berkah Bersama 1000 yatim dan Duafa”     

 

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan Qurban ini bertujuan untuk:

  1. Meneladani Nabi Ibrahim As.
  2. Sebagai bagian dalam program ZISWAP untuk mencapai cita-cita luhur, yaitu memberikan sumbangsih yang nyata bagi bangsa dan negara terkhusus masyarakat Semarang
  3. Menumbuhkan kesadaran dan peran serta ummat Islam dalam upaya mengembangkan kecintaan kepada yatim dan duafa, dalam perwujudan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
  4. Menyemarakkan syiar Islam,
  5. Mengurangi kesenjangan sosial antara Agnia dan Dhuafa,
  6. Mengentaskan kemiskinan dengan berbagi hewan kurban,
  7. Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara pengurus ZISWAP deangan masyarakat muslim.

 

BENTUK KEGIATAN

  1. Penyembelihan hewan qurban.
  2. Mendistribusikan daging qurban ke masyarakat utamanya Yatim dan Duafa.

 

SUMBER DANA

Dana kegiatan ini bersumber dari:

  1. Donasi Partisipan ZISWAP
  2. Shodaqoh atau bantuan Pihak Ketiga (Instansi Pemerintah dan Swasta)

 

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

 Pendaftaran / Pendanaan     : Pendaftaran Qurban dan donasi dibuka mulai Tanggal

17 Juli 2018 s/d Tanggal 20 Agustus 2018

Penyembelihan                       : Rabu, 22 Agustus 2018 (10 Dzulhijjah 1439 H)

Tempat                                       : Kantor ZISWaf Masjid Pelajar (ZISWAP)

 

SUSUNAN ACARA

NO WAKTU JENIS KEGIATAN
1. 08.00 – 11.00 Penyembelihan dan pemotongan hewan qurban
2. 11.00 – 13.00 Pembungkusan daging Qurban
2 13.00 – selesai Penyaluran daging qurban

 

PELAKSANA KEGIATAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Panitia Qurban Idul Adha 1438 H/2017 M

 

SUSUNAN PANITIA

Penanggung Jawab               : Suharto, S.Pi

Ketua Panitia                            : Tugiri

Sekretaris                                  : Sandra Sulis Setyaningsih S.Kom

Bendahara                                : Rahayu

Seksi Donatur                          : Tri Suci Ningsih, S.Pd.SD

Susi Winarni M.Pd

Siti Fatonah

Fathonah

Seksi Acara                               :  Hasan S.Pd

Seksi Konsumsi                       : Aminah,  A.Md

Lilik Lukitowati A.Md

Tini

Idola Catering

Seksi Perlengkapan dan Distribusi :

Paryanto

Misun

Muhroji

Sarwo Edi Prabowo

Damiri

Seksi Dokumentasi                 : Fadli Insan Al Arif

Effendi

Syamsul Muarif S.Kom

Seksi Keamanan                     : Ritmawanto

Mahfud

Seksi Kebersihan                    :  Sumarsono

Seksi Humas                            :  Agus Hardian A.Md

Agus Supriyanto A.Md

Nanang Muflih A.Md

 

JENIS DAN HARGA HEWAN QURBAN

Panitia Qurban ZISWAP menyediakan hewan qurban yang  Berkwalitas dan terbebas dari penyakit yaitu dengan harga;

No Hewan Qurban Type Berat (Kg) Harga (Rp)
1. Sapi A 400-450 25.000.000,-
B 350-400 22.000.000,-
C 300-350 19.000.000,-
D 250-300 17.000.000,-
2. Kambing A +/-30 3.000.000,-
B +/-25 2.500.000,-
C +/-22 2.100.000,-
D +/-18 1.800.000,-
3. Patungan Sapi D 7 orang @2.500.000,-

 

METODE PENYALURAN DONASI QURBAN

Bagi yang ingin menyalurkan Qurban dan Santunannya melalui kami,  bisa dengan cara;

  1. Datang langsung ke kantor ZISWaf Masjid Pelajar, Jalan Jambu  Raya 12A Sumurboto, Banyumanik, Semarang Telp. 024-7466232
  2. Transfer ke rekening ZISWaf Masjid Pelajar (ZISWAP)
  3. Bisa juga diambil oleh petugas, dengan Layanan Jemput Qurban yaitu petugas  akan mengambil uang atau hewan qurban ke alamat pengqurban

Contact Person Pantia :

  1. Tugiri : 0895 3206 34720
  2. Rahayu : 0878 8508 1493

 

PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat sebagai bahan acuan dalam pelaksanaan Qurban 1439 H/ 2018 M dan bahan ajakan kepada semua pihak untuk berperan aktif dalam syiar Islam. Semoga setiap langkah dan aktivitas kita diridhai oleh Allah SWT. Aamiin.

Dengan mengharapkan Karunia dan Rahmat ALLAH SWT., Kami mengetuk hati para Dermawan Muslimin dan Muslimat, untuk turut membantu demi suksesnya pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban. Semoga kemurahan hati & keikhlasan Bapak dan Ibu menjadi jalan menuju ketaqwaan, mendapat ridho-Nya serta mendapat balasan pahala yang berlipat dari ALLAH SWT., Aamiin Yaa Robbal ‘Alamiin. Terima kasih. Jazakumullahu khairon katsiron.

 

Semarang,  17 Juli 2018

Hormat kami,

Panitia Qurban Idul Adha 1439 H

Ketua ZISWAP                                                                               Ketua Panitia

Suharto, S.Pi                                                                                Tugiri           

 

 FOTO-FOTO KEGIATAN QURBAN 1438 H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *